Mulai menulis

Gampang-gampang susah untuk mulai menulis.


Lebih mudah untuk menulis laporan kerja bulanan atau tahunan daripada menulis hal-hal ringan.
Padahal informasi yang harus anda tulis dalam laporan kerja akan besar nilainya, baik terhadap perusahaan dimana anda bekerja atau terhadap kelangsungan karir anda.


Apa yang sebenarnya terjadi ketika anda menemui kesulitan untuk menulis?
Bagi anda yang terbiasa dengan laporan kerja yang menggunakan template, maka biasanya anda hanya perlu mengumpulkan data-data dan selanjutnya anda tinggal mengganti data dari bulan sebelumnya dengan data yang baru.  Lebih lanjut untuk penjelasan dari data-data ini, umumnya sudah terpola semisal volume produksi turun akibat permintaan customer yang turun, atau sebaliknya volume produksi naik akibat meningkatnya permintaan customer.


Pola yang dimaksud disini seperti sudah tercetak dalam pikiran anda.  Misal untuk menjelaskan sebab produktifitas menurun, anda akan menjelaskan dari sisi tingginya breakdown apakah itu unscheduled atau scheduled breakdown, dan seterusnya.


Jadi, untuk mulai menulis hal-hal ringan, pertama anda bisa mengikuti pola yang biasa anda gunakan untuk menulis atau menyusun laporan kerja.  Buatlah penjelasan melalui narasi untuk setiap data-data yang berisi di tabel atau muncul dalam grafik (jika anda bisa menggunakan tabel atau grafik).  Anggap bahwa tidak ada yang mengerti tentang data-data tersebut kecuali anda.  Soal objek tulisan, anda bisa menggunakan bahan apapun apakah itu terkait pekerjaan, aktifitas harian, keluarga, sosial dan lain-lain.


Tidak perlu membuat target yang terlalu tinggi, satu paragraf itu sudah bagus, dua paragraf lebih bagus, dan seterusnya...yang diutamakan disini bagaimana anda akhirnya menemukan cara mengalirkan bahan yang tertumpuk dalam pikiran anda menjadi sebuah rangkaian kata-kata, kalimat, paragraf dan mungkin akhirnya menjadi susunan bab.


Apakah media yang tepat untuk menulis?
Bagi anda yang terbiasa menggunakan iPad, lap top, desktop, smart phone, media ini bisa menjadi perangkat yang tepat, anda dapat mulai menulis dalam draft email/sms/ memo pad.  Anda bisa simpan sementara atau bisa juga dikirimkan ke orang lain termasuk juga bisa dikirimkan ke anda sendiri.  Adapun kertas dan pensil/ballpoint masih bisa digunakan, hanya trend saat ini frekuensi sentuhan orang terhadap gadget jauh lebih besar dibandingkan terhadap kertas dan pensil.


Media sosial pun dapat anda gunakan, tentu harus memperhatikan peraturan yang berlaku, khususnya jika tulisan anda cukup sensitif untuk dibaca oleh orang lain.


So....kapan anda mulai menulis?




 

Comments

Popular Posts